Tradisi Budaya Lombok yang menarik untuk diketahui.

tradisi budaya lombokLombok merupakan sebuah pulau yang mempunyai sebuah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Hal itu dikarenakan keindahan alamnya yang luar biasa serta adanya kebudayaan yang sangat banyak dan menarik untuk dipelajari dan dilihat. Hal ini tentunya yang memberikan sebuah daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Berbicara mengenai adat kebudayaan yang ada di Lombok, tentunya kita tidak akan terpisahkan dengan sejarah Lombok serta kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Lombok yang sampai saat ini masih melestarikan budaya leluhur mereka tersebut. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita sebagai generasi muda mengetahui dan melestarikan tradisi budaya Lombok tersebut sehingga nantinya di generasi mendatang adat budaya lombok tersebut akan semakin eksis.

Tradisi Budaya Lombok Yang Harus Dilestarikan

Sebagai generasi muda sudah selayaknya jika kita mengetahui mengenai budaya yang ada di Lombok. Berikut budaya tersebut:

1.      Budaya Bau Nyale

Budaya yang ke dua adalah budaya bau nyale.  Bau nyale sendiri adalah sebuah cacing  laut yang ada dalam dasar laut.   Orang sekitar percaya jika nyale adalah seorang putri pada kala itu. Biasanya bau nyale diadakan pada malam bulan purnama.

2.      Budaya Tari Gandrung

Adat Budaya Lombok  yang ketiga adalah tari gandrung. Tarian ini merupakan tarian yang sangat populer pada suku sasak.  Biasanya tari gandrung ini juga banyak yang menyebut dengan jengger. Dari beberapa peneliti, tari ini sudah ada sejak zaman dahulu lebih tepatnya zaman erlangga yang berkuasa di jawa timur.

3.      Budaya Baju lambung

Budaya yang ke empat adalah baju lambung.  Baju lambung  ini  adalah sebuah baju hitam yang tidak menggunakan lengan  dengan sedikit hiasan dibagian pinggir baju.  Biasanya bahan yang digunakan pakaian ini adalah kain pelung.  Baju ini sudah menjadi sebuah budaya yang sudah ada dalam masyarakat Lombok sejak dahulu kala.

4.      Budaya Songket Lombok

Budaya yang kelima adalah  songket Lombok.   Songket sendiri menjadi sebuah budaya yang banyak diminati di Lombok. Hal ini dikarenakan masyarakat Lombok yang sudah sejak lama menenun kain.  Biasanya dalam songket ini akan diberikan beberapa hiasan dan manik-manik untuk mempercantik songket tersebut.

5.      Budaya  Peresean

Budaya yang ke enam adalah peresean. Budaya ini adalah sebuah budaya yang ada dan berkembang pada suku sasak.  Pada awalnya kesenian ini hanya dilakukan untuk upacara adat dalam rangka untuk meminta sebuah hujan.  Namun untuk sekarang upacara ini dilakukan juga dalam rangka untuk mempertontonkan budaya yang ada di Lombok.

6.      Budaya Dusun Sade

Budaya yang ke tujuh adalah budaya dusun sade.  Budaya ini masih di pegang teguh hingga sampai saat ini.  Hal ini yang menjadikan seorang wisatawan yang berkunjung ke desa itu sangat betah tinggal disitu.  Bahkan sampai dinas pariwisata menjadikan desa tersebut menjadi sebuah desa wisata.

7.      Budaya Tarian Rudat

Budaya yang kedelapan adalah tarian rudat.  Budaya ini merupakan sebuah kesenian tradisional yang berasal dari suku sasak.  Tarian ini dalam pertunjukannya seperti sebuah pertunjukan pencak silat.  Hal ini dikarenakan dalam tarianrudat ada beberapa gerakan seperti memukul, menendang, memasang kuda-kuda dan juga menangkis yang gerakan tersebut ada juga dalam pencak silat.  Sampai saat ini tarian ini di tampilkan dalam rangka untuk  menyambut tamu yang datang dan untuk acara pemerintahan Lombok.

8.      Budaya Nyongkolan

Budaya yang kesembilan adalah budaya nyongkolan.  Nyongkolan sendiri adalah sebuah tradisi yang sudah digunakan masyarakat Lombok  ketika melakukan ritual pengantin.  Biasanya dalam mengarak pengantin maka akan dilakukan sebuah ritual pengarakan yang  dilakukan dengan berjalan mengelilingi desa.

9. Budaya perang Ketupat

Adat budaya yang terakhir adalah perang ketupat. Tradisi budaya Lombok ini biasanya diadakan di pura lingsar.  Budaya perang ini adalah sebuah simbol kebersamaan  antara umat islam dengan umat hindu yang ada di pulau Lombok.  Sampai saat ini budaya ini  masih dilangsungkan. Sehingga ketika acara tersebut dilakukan maka akan banyak wisatawan yang berkunjung kesana.

Demikian artikel mengenai adat budaya Lombok yang dapat disampaikan semoga bisa menambah wawasan bagi anda  yang mempunyai keinginan untuk mengetahui tradisi budaya Lombok. Dengan begitu ketika generasi muda sudah menjaga tradisi dan adat istiadat tentunya adat budaya tersebut akan lestari.

 

 

Organized by:
PT. Barata Dewata Asri (Barata Tour Bali)
LICENSE: 01/23/T/PARSENIBUD/1999 - ASITA member: 0241/XVII/DPP/2000
Jl. Sedap Malam, Rampai II, No.5 Kesiman, Denpasar-Bali.
Telp. 0361-4720047, emergency call: 0817554471
Copyright © 2018. All Rights Reserved.
Frontier Theme